Minggu, 03 Mei 2009

KERUPUK IKAN LELE

Ikan lele adalah salah satu ikan yang merupakan sumber protein yang penting untuk pertumbuhan tubuh. Ikan lele mengandung 17 persen protein, terdiri dari asam-asam amino essensial yang tidak rusak pada waktu pemasakan. Kandungan lemaknya 4-5 persen lemak yang mudah dicerna serta langsung dapat dicerna oleh jaringan tubuh. Kandungan lemaknya baik untuk pertumbuhan dan menurunkan kolesterol darah.

Ikan lele dan hasil produknya banyak dimanfaatkan oleh orang-orang yang mengalami kesulitan percernaan karena mudah dicerna. Para ahli menemukan, komposisi asam-asam amino dalam bahan makanan hewani sesuai dengan komposisi jaringan didalam tubuh manusia. Ada kesamaan ini protein ikan lele mempunyai nilai gizi yang tinggi. Ikan sering disebut sebagai makanan untuk kecerdasan. Ikan sebagai makanan sumber protein yang tinggi. Kalau sehari-hari kita menghidangkan ikan, maka kita memberikan sumbangan yang tinggi pada jaringan tubuh kita. Absorsi protein ikan lebih tinggi dibandingkan daging sapi, ayam dan lain-lain.

Hal ini dikarenakan ikan mempunyai serat-serat protein lebih pendek daripada serat-serat protein daging ayam atau sapi. Protein itu sendiri sangat diperlukan sebagai pembentuk jaringan baru. Kekurangan asupan protein dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan serta tidak optimalnya pertumbuhan jaringan tubuh dan pembentuk otak. Sampai saat ini, umumnya ikan lele dikonsumsi langsung. Padahal sebenarnya ikan lele dapat diolah menjadi produk kerupuk ikan. Kerupuk ikan lele adalah salah satu kerupuk yang mengandung protein hewani yang tak kalah lezatnya dibanding kerupuk lain. Selain gurih dan bergizi tinggi, kerupuk ikan lele dapat dimanfaatkan sebagai lauk, camilan, obat dan lain sebagainya.

Dengan demikian, kerupuk ikan lele merupakan hasil produksi perikanan yang mempunyai andil besar dalam mengatasi masalah gizi masyarakat, karena kerupuk ikan lele sarat akan gizi yang diperlukan untuk kehidupan yang sehat. Zat-zat gizi yang ada pada kerupuk ikan lele sangat mudah dicerna dan dimanfaatkan oleh tubuh. Itulah sebabnya, maka ikan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, ibu hamil dan menyusui, orang yang sedang sakit atau dalam proses penyembuhan, serta usia lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar